Facebook

banner image

3 Hal yang Bikin Galau Makin Galau


Biasanya, penyebab galau paling umum adalah masalah asmara, keluarga, juga masalah pekerjaan seperti clash dengan teman kerja atau atasan. Pada saat galau melanda, kita cenderung melakukan hal-hal yang mengekspresikan kegalauan. Jadi sering menghayal, menyendiri, tidak lekas tidur karena memikirkan masalah, atau mendengarkan lagu-lagu melankolis misalnya. Padahal, hal-hal itu justru akan membuat galau makin parah lho!

Jangan lakukan hal-hal ini jika tidak mau bertambah galau :

1. Sering Menyendiri

Saat punya masalah, kamu boleh saja menyendiri untuk berpikir, namun “ritual” menyendiri itu mestilah diberi batas waktu. Misalnya, “Oke, saya mau menyendiri memikirkan masalah ini selama 3 jam.” Jadi selama 3 jam itu kamu boleh menyendiri sepuasnya, memberi ruang privasi untuk diri sendiri.

Lebih baik lagi jika menyendiri diisi dengan mencurahkan uneg-uneg lewat tulisan, karena cara ini termasuk terapi meringankan beban. Menyendiri untuk memikirkan solusi atas masalah yang dihadapi atau sekadar meluapkan rasa galau itu oke oke saja. Tetapi setelah itu, banyak-banyak bergabung dengan orang lain, seperti teman, keluarga, tetangga, atau masyarakat di tempat umum penting dilakukan.

Pada saat sendiri, pikiran atau khayalan dramatis akan mudah datang dan menaikkan kadar galau. Lain cerita jika bergabung dan berinteraksi dengan teman-teman, keluarga, atau lainnya. Pikiran akan punya pengalih, dan ini akan mengurangi fokus kamu pada masalah. Ada hal-hal eksternal yang menarik perhatian, dan bisa membuat kamu melupakan masalah.


2. Mendengarkan Lagu-Lagu Sedih

Saat galau, kita cenderung lebih mood mendengar lagu-lagu slow. Padahal, alunan musik lambat justru akan membuat rasa galau makin menjadi-jadi. Jika memang ingin bangkit, dan mengurangi rasa galau, dengarlah musik yang memberi semangat dan motivasi.

Banyak kok lagu-lagu pembangkit semangat, contohnya lagu “Hero” Mariah Carey, “The Power of Dream” Celine Dion, dan banyak lagi yang bisa dicari dan diunduh MP3nya di internet.

Melodi pada lagu dapat memengaruhi gelombang otak. Saat gelombang otak sudah berubah, mood atau perasaan juga akan berubah. Syair lagu juga punya kekuatan dalam memainkan emosi orang yang mendengar dan menghayatinya.


3. Begadang

Kurangnya cahaya dan udara malam juga dapat memberi efek dramatis. Bagi yang sedang galau, “wajib” hukumnya tidur lebih awal jika memang tidak ada hal penting yang harus dikerjakan di malam hari. Saat begadang dan tidak sedang berbuat apa-apa, hampir pasti pikiran kamu bakal terfokus pada masalah.

Melamunkan masalah pada jam tidur (pukul 10.00 ke atas) akan memicu kamu mendramatisir masalah, mengasihani diri sampai menyalahkan diri sendiri. Dan bukannya bangkit malah makin galau dan terpuruk.

Kamu bisa lakukan beberapa cara agar bisa tidur lebih cepat. Misalnya, memperbanyak kegiatan di siang hari, konsumsi sayur kangkung, minum susu saat akan tidur, melepaskan semua pikiran-pikiran mengganggu dengan menenangkan perasaan, dan mencium aroma terapi atau aroma yang disukai. Mendengarkan musik instrumen klasik juga bisa sebagai cara mendatangkan rasa ngantuk. 



3 Hal yang Bikin Galau Makin Galau 3 Hal yang Bikin Galau Makin Galau Reviewed by Fitriani Razak on 02.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.