Disiplin dan manajemen kelas saat proses belajar mengajar adalah
suatu komponen penting untuk mengefektifkan pembelajaran. Disiplin dan
manajemen kelas bukan hanya harus dipelajari oleh setiap guru tetapi
juga harus dipraktekkan setiap hari. Berikut ini adalah beberapa tips
yang mungkin dapat membantu guru untuk mendisiplinkan dan memanajemen
kelas, sehingga interupsi dan gangguan pada proses belajar mengajar
menjadi lebih berkurang.
Tips 1 Tonggak pada hari pertama masuk kelas
Sadarkah kita para guru, bahwa pada awal-awal pembelajaran di tahun
ajaran baru atau awal semester kita sering melewatkan suatu hal yang
amat penting? Ya, para guru sering lupa bahwa sebenarnya awal tahun
ajaran baru dan awal semester baru dihari pertama kita masuk kelas
adalah tonggak awal penerapan disiplin dengan membuat sebuah kesepakatan
awal tentang tata tertib di kelas atau mata pelajaran kita. Jadi
buatlah tata tertib dan disiplin yang disepakati bersama antara guru dan
siswa.
Tips 2 Keadilan Amatlah Penting
Siswa sangat mampu merasakan adanya suatu keadilan atau
ketidakadilan. Oleh karena itu, guru harus selalu bersikap adil kepada
seluruh siswa tanpa kecuali. Bila guru tidak memperlakukan siswa secara
adil satu sama lain, maka guru akan diberi cap sebagai guru pilih kasih.
Akibatnya siswa tak akan mengikuti aturan-aturan yang guru buat.
Yakinkan bahwa siswa terbaikpun bila melakukan kesalahan akan mendapatkan konsekuensi yang sama seperti siswa-siswa lain.
Tips 3 Tangani Gangguan Sesegera Mungkin
Saat guru mengalami gangguan dalam kelas saat proses pembelajaran
sedang berlangsung, adalah sangat baik jika guru segera menanganinya
selagi masih dalam taraf yang ringan. Teknik-teknik tertentu dapat
digunakan agar pembelajaran dapat terus berjalan. Misalnya, guru dapat
sambil tetap mempresentasikan suatu materi, berjalan ke arah sumber
gangguan (siswa) lalu menggunakan isyarat-isyarat tertentu agar gangguan
yang mereka timbulkan itu dihentikan. Guru juga dapat memberikan
pertanyaan kepada siswa yang perilakunya tidak sesuai dengan kegiatan
belajar agar ia kembali berfokus pada pembelajaran yang sedang
berlangsung.
Tips 4 Hindari Konfrontasi Di Hadapan Siswa
Suatu saat bisa saja terjadi konfrontasi antara guru dengan salah
satu siswa di dalam kelas karena siswa tersebut telah melakukan sesuatu
yang bersifat melanggar disiplin atau norma kesopanan dan membuat “guru
yang juga manusia” menjadi “marah”. Jika hal ini terjadi, jangan sampai
guru berkonfrontasi di depan siswa-siswa lainnya. Meskipun siswa-siswa
lain tersebut mungkin akan dapat memahami guru, tapi siswa yang
berkonfrontasi dengan guru tersebut akan kehilangan muka dan menjadi
pecundang di hadapan kawan-kawannya. Dengan demikian, guru bisa saja
akan kehilangan kesempatan untuk mengajari siswa itu baik tentang
disiplin, norma kesopanan, bahkan materi pelajaran. Cara terbaik adalah
meminta waktu di luar jam belajar untuk berbicara dari hati ke hati
dengan siswa tersebut.
Tips 5 Hentikan Gangguan dengan Sedikit Humor
Kadangkala ada perlunya setiap orang di dalam kelas dapat tertawa
bebas. Untuk ini, guru dapat menggunakan humor-homor yang masih relevan
dengan pembelajaran. Sayang sekali, pada penggunaan humor di dalam
pembelajaran, guru sering tak dapat membedakan mana yang benar-benar
humor dan mana kata-kata yang bersifat sarkasme (sindiran yang bisa
menyinggung perasaan) dan mengarah para bullying. Sayang sekali,
kenyataannya banyak guru yang sering membuat lelucon dengan menggunakan
siswa sebagai bahan lelucon. Hati-hati, sesuatu yang guru dan siswa
lain anggap lucu bisa saja bermakna pelecehan bagi siswa yang dijadikan
bahan lelucon.
Tips 6 Beri Kepercayaan Pada Siswa
Berharaplah bahwa siswa akan berdisiplin dan memahami tata tertib di
dalam pembelajaran guru. Dan yakinlah akan hal itu. Kepercayaan bahwa
mereka mampu belajar dengan baik akan terpancar dari komunikasi
nonverbal guru dengan sendirinya, bahwa siswa tetap “on the track”,
tetap berada dalam kondisi belajar. Selain itu, tunjukkan juga
kepercayaan itu dengan menggunakan komunikasi verbal (kata-kata)
semisal: “Saya yakin, hari ini kita dapat belajar dengan baik. Karena
itu bila ada hal-hal yang ingin didiskusikan, ungkapkan saja dengan
terlebih dahulu mengangkat tangan.” Atau “Saya berharap semua bekerja di
dalam kelompoknya masing-masing. Kalian dipersilakan untuk berdiskusi
di dalam kelompok masing-masing, dengan suara yang tidak mengganggu
kelompok lain yang juga sedang berdiskusi atau bekerja.”
Tips 7 Rencanakan Pembelajaran dengan Matang
Tinjau ulang lagi rencana pembelajaran yang akan digenjot. Hal ini
butuh pemikiran mendalam sehingga pembelajaran tidak akan terstagnasi
(macet). Terstagnasinya suatu pembelajaran karena adanya celah-celah
pada setiap segmen pembelajaran dapat menyebabkan siswa hilang fokus
dari kegiatan pembelajaran. Pertimbangkan matang-matang bagaimana
peralihan dari suatu segmen kegiatan belajar dengan segmen kegiatan
belajar lainnya.
Tips 8 Selalu Konsisten
Jika kita memutuskan suatu hal atau menjanjikan suatu hal kepada
siswa, konsistenlah untuk melaksanakannya. Misalnya saja, jika guru
telah berjanji minggu depan akan mengadakan ulangan, maka sesibuk apapun
guru, ulangan harus tetap diadakan. Jika guru berjanji akan mengadakan
praktikum, maka guru harus konsisten untuk melaksanakannya. Guru yang
dengan mudah membatalkan janji atau melanggar kesepakatan yang telah
dibuatnya di kelas bersama-sama siswanya akan tidak dihargai dengan baik
oleh para siswa. Tak ada respek untuk guru macam ini.
8 Tips Manajemen Kelas
Reviewed by Fitriani Razak
on
15.29
Rating:
Tidak ada komentar: